Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran
agroindustri jajan bantal di Desa Gapuk. Penentuan daerah penelitian dilakukan
dengan purposive sampling (sengaja) yaitu berdasarkan pertimbanganpertimbangan tertentu dengan pertimbangan bahwa Desa Gapuk salah satu desa di
kecamatan suralaga kabupaten lombok timur yang terkenal dengan jajan bantalnya
dan telah diusahakan sangat lama. Metode pengambilan sampel adalah dengan
menggunakan metode sensus. Metode analisis yang digunakan adalah metode
deskriptif dan metode SWOT.
Hasil penelitian diperoleh : 1) Kekuatan agroindustri jajan bantal di Desa
Gapuk adalah lokasi yang cukup strategis, penggunaan modal uaha, produk tanpa
bahan pengawet, pelayanan terhadap konsumen, harga jual produk. 2) Kelemahan
agroindustri jajan bantal di Desa Gapuk adalah sistem penjualan atau promosi
kurang, variasi produk yang dihasilkan, jumlah tenaga kerja profesional,
ketahanan produk. 3) Peluang agroindustri jajan bantal di Desa Gapuk adalah
perkembangan dunia internet, ketersediaan bahan baku yang melimpah,
perkembangan industri wisata, kebijakan pemerintah, pangsa pasar masih luas. 4)
Ancaman agroindustri jajan bantal di Desa Gapuk adalah kenaikan harga bahan
baku, perubahan cuaca yang tidak stabil, gaya hidup masyarakat yang sudah
modern, perusahaan pesaing, banyaknya perusahaan ritel makanan modern. 5)
Strategi yang diperoleh untuk meningkatkan pemasaran agroindustri jajan bantal
di Desa Gapuk adalah strategi pertahankan dan pelihara yaitu dengan
meningkatkan modal usaha dengan ketersediaan bahan baku yang melimpah,
menambah jumlah produksi dengan memanfaatkan lokasi yang strategis pada saat
musim liburan, menciptakan variasi baru produk, melakukan promosi dengan
memanfaatkan perkembangan dunia internet, memperluas jaringan pasar, merger
dengan usaha yang sejenis, dan efisiensi biaya.