Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komite sekolah dalam
manjemen berbasis sekolah di MA NW Lenek Lauq.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah analisisdeskripsi kualitatif,
dimana peneliti menggambarkan keadaan atau penomena yang diperoleh dan
kemudian dianalisis dalam bentuk kata-kata untuk memperoleh simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komite sekolah dalam manjemen
berbasis sekolah di MA NW Lenek Lauq :
1. Komite sekolah sebagi badan pertimbangan (advisory agency) sudah cukup
baik dalam menjalan kan perannya, mulai pemebrian masukan dalam hal
penyelenggaraan pendidikan dan pengelolaan pendidikan.
2. Komite sekolah dalam melakukan peran sebagai badan pendukung
(supporting agency) melakukan langkah-langkah yang cukup baik terutama
terkait dengan sarana dan prasarana yang diperbantukan untuk sekolah.
Dengan adanya sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan sehingga
diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan.
3. Komite sekolah dalam melakukan peran pengontrol (controlling agency).
Hingga saat ini selalu melakukan pemantauan terhadap penggunaan alokasi
dana pendidikan, termasuk dalam mengawasi penggunaan dana bantuan dari
pusat maupun dana dari masyarakat yang mengalir ke sekolah agar lebih dapat
dipertanggng jawabkan.
4. Peran komite sekolah sebagai mediator atau penghubung dalam pengelolaan
sumber daya pendidikan masih kurang berperan. Peran komite sekolah dalam
rangka meningkatkan keikutsertaan masyarakat, supaya aktif dalam
penyelenggaraan pendidikan di MA NW Lenek Lauq belum berjalan secara
maksimal. Sebagian besar dari orang tua siswa belum memahami tugas-tugas
dari komite sekolah. Masyarakat hanya dapat memberi dukungan secara
materi dan belum sepenuhnya memberikan dukungan secara moril kepada
sekolah