Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Orang tua dalam pembelajaran
daring, pola interaksi orang tua dan anak pada pembelajran daring, dan dampak
pembelajaran daring terhadap pola interaksi orang tua dan anak saat pembelajaran
daring di MA NW Aikmel. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data
sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah : reduksi
data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang ua dalam pembelajaran daring
adalah membimbing anak belajar, memberikan arahan atau nasehat untuk belajar,
menyediakan fasilitas belajar seperti menyediakan wifi/kuota, memberikan Hp,
menyediakan makanan dan minuman. Pola interaksi yang terjadi antara orang tua
dan anak saat pembelajran daring adalah interaksi dilakukan secara
langsung/primer, dan interaksi menjadi lebih intens, sedangkan dampak
pembelajaran daring terhadap pola interaksi orang tua adalah interaksi dilkukan
secara individu dengan individu dan membuat hubungan orang tua dan anak
menjadi lebih dekat.