DETAIL DOCUMENT
Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Leadership Guru di SMK Negeri 14 Samarinda
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN AJI MUHAMMAD IDRIS SAMARINDA
Author
Wahyuni, Hilda
Subject
MANAJEMEN PENDIDIKAN 
Datestamp
2023-05-11 23:57:32 
Abstract :
Hilda Wahyuni, 2023. ?Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Leadership Guru di SMK Negeri 14 Samarinda?. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan Dr. H. Achmad Ruslan Afendi, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi dari kepala sekolah ialah seorang atasan yang mempunyai tanggung jawab untuk membawa sekolah kepada tujuan yang telah ditetapkan dengan cara yang efektif dan efisien. Kepala sekolah pula bertanggung jawab buat memajukan kegiatan pembelajaran dengan melaksanakan peran- peran yang wajib dijalankan oleh kepala sekolah. Dalam perihal ini ialah peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi leadership guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 14 Samarinda. Kepala SMK Negeri 14 Samarinda saat ini dijabat oleh bapak H. Poneran, M.Pd., M.M yang sudah memasuki tahun ke-3. Sebagai kepala sekolah beliau merupakan sosok yang disegani namun memiliki komunikasi yang baik dengan guru dan staf lainnya. Beliau juga tegas, selalu memberikan contoh, optimis dan bersemangat. Beliau membuat inovasi untuk meningkatkan kompetensi leadership guru pendidikan agama Islam dengan adanya tutor sebaya. Setelah tindak lanjut dari supervisi maka kepala sekolah menunjuk guru yang memiliki kompetensi lebih untuk menjadi tutor bagi guru yang lainnya. Sehinggaa saat ini guru sudah mampu mengorganisir budaya religius di sekolah seperti melaksanakan shalat berjamaah dan tadarus Al-Qur?an. Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi leadership guru dan apa saja yang jadi kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi leadership guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 14 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber informasinya adalah kepala sekolah, guru agama Islam dengan jumlah 3 orang, satu orang guru mata pelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 14 Samarinda, serta hasil riset yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang didapat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 14 Samarinda, dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah dalam melakukan peningkatan kompetensi leadership guru sudah dilaksanakan cukup baik. Dengan merujuk pada kedudukan kepala sekolah dalam melakukan peningkatan kompetensi leadership ialah kedudukan kepala sekolah selaku leader, edukator, administrator serta supervisor dalam melakukan peningkatan kompetensi leadership guru dengan memberikan dukungan serta dorongan, mengatur serta merencanakan training untuk guru, dan menjalankan evaluasi setelah penerapan pengontrolan dengan cara langsung setelah itu menindaklanjuti hasil evaluasi kepada kompetensi leadership yang dimiliki guru agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 14 Samarinda 

Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN AJI MUHAMMAD IDRIS SAMARINDA