DETAIL DOCUMENT
Implementasi Multimedia dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Samarinda
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN AJI MUHAMMAD IDRIS SAMARINDA
Author
Zawaldi, Rahmat
Subject
Multimedia, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2020-07-06 01:34:17 
Abstract :
ABSTRAK Rahmat Zawaldi, 2017. Implementasi Multimedia dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Samarinda. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Jannah, M. SI dan Siti Julaiha, M.Pd. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang secara pesat dan tersebar secara meluas sehingga mempengaruhi segenap bidang kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Pelajaran pendidikan Agama Islam merupakan salah satu pelajaran penting dalam pembentukan akhlak dan tata cara ibadah siswa terkhusus di sekolah umum. Di zaman yang moderen saat ini di upayakan dalam penyampaian materi pembelajaran terlebih pembelajaran pendidikanAgama Islam harus bisamengimbangi kecanggihanteknologi misainnya penyampaian materi pembelajaran menggunakan multimedia, supaya materi pembelajaran yang disampaikan bisa diserap dan dipahami oleh siswa dengan baik maka penyampaian materi yang dikolaborasikan dengan multimedia memberikan tampilan yang menarik seperti teks, gambar, animasi, dan video yang membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien. Pemilihan lokasi penelitian di SMA Negeri 5 Samarinda karena peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi multimedia dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 5 Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi multimedia dalam pembelajaran pendidikan agamalslam di SMA Negeri 5 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode penelitian kualitatif dan penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Samarinda. Teknik pengumpulandata dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, sementara sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan Agama Islam, siswa SMA Negeri 5 Samarinda. Teknik analisis data dalam penelitian ini ini dengan analisis menurut Miles dan Hubernrun, yaitu langkah-langkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik/verifikasi kesimpulan dan teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi multimedia dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 5 Samarinda sudah sesuai dengan prosedur dan teori-teori yang menjadi dasar dalam pelaksanaannya, serta dampak positif yang diperoleh baik dari guru maupun dari siswa, serta fasilitas dan kebijakan kepala sekolah yang menjadikan implementasi multimedia dalam pembelajaran bisa be{alan dengan efektif dan efisien. 

Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN AJI MUHAMMAD IDRIS SAMARINDA