Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Ritonga, Ikhsani Damayanti
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-30 02:28:42
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran daring
dalam menumbuhkan keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran biologi
di SMA Negeri 1 Simangumban. Metode penelitian yang digunakan peneliti
adalah metode kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah wakil
kepala sekolah bagian saran dan prasarana, guru biologi dan siswa kelas XI IPA
berjumlah 46 orang di SMA Negeri 1 Simangumban. Instrumen yang digunakan
untuk mengumpulkan data dengan wawancara pada WKS dan guru biologi,
Sedangkan pada siswa menggunakan angket pada siswa kelas XI IPA sebanyak 15
butir dan dokumentasi berupa RPP guru biologi. Analisis data pada penelitian ini
ditemukan dari data wawancara, angket dan dokumentasi indikator KPS yang
ditumbuhkan pada kelas XI IPA terdapat 4 indikatoryaitu: observasi (mengamati),
klasifikasi (menggolongkan), interpretasi (menafsirkan). Dari data tanggapan
angket siswa di peroleh hasil KPS indikator observasi sebanyak 55,44% ,
klasifikasi sebanyak 52,17% dan interpretasi sebanyak 47,83 %. Sedangkan untuk
2 (dua) indikator lainnya, yaitu: aplikasi konsep dan pengenalan alat tidak dapat
dipenuhi karena tidak terlaksanakan atau tidak tercapai dalam pembelajaran
daring.