Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Hariyanti, Lola
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-30 16:11:48
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai:
(1) Proses pembelajaran matematika siswa; (2) Kesulitan yang dihadapi siswa
dalam pembelajaran matematika; (3) Solusi untuk mengatasi kesulitan belajar
matematika siswa di MAS Al-Washliyah Kampung Mesjid.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif
dengan meneliti langsung kelapangan. Subyek penelitian ini adalah Guru
matapelajaran matematika, dan peserta didik Kelas XI. Teknik pengumpulan data
dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian
menunjukkan sebagai berikut: yang pertama, proses pembelajaran matematika
siswa di MAS Al-Washliyah Kampung Mesjid dapat diketahui bahwa guru tidak
menggunakan media pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah
saja sehingga metode caramah tersebut tidak efektif digunakan untuk
pembelajaran matematika, dan guru sangat kaku sekali tidak kreatif dan inovatif
bahkan tidak pandai menginterpretasikan materi yang disampaikan dengan
kehidupan sehari-hari. Yang kedua, Kesulitan yang dihadapi siswa dalam
pembelajaran matematika yaitu: Kesulitan dalam memahami konsep matematika,
Kesulitan dalam perhitungan, dan kesulitan dalam memahami bahasa matematika
(menggunakan operasi hitung yang benar). Yang ketiga, solusi untuk mengatasi
kesulitan belajar matematika siswa yaitu: Melakukan kegiatan remedial bagi siswa
yang belum mencapai nilai KKM, Memberikan latihan kepada siswa agar lebih
dapat terampil dalam mengerjakan soal lingkaran, dan Penggunaan tutor sebaya
dalam pembelajaran untuk membantu siswa mempermudah pemahaman pada
materi lingkaran.