Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Pratiwi, Adinda
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-01 14:07:43
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa melalui model pembelajaran Aptitude-Treatment
Interaction (ATI) pada materi SPLTV di kelas X MIA MAN 1 Medan Tahun
Pelajaran 2019/2020 (2)Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa model
Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi SPLTV di kelas X MIA
MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 (3) Perbedaan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran AptitudeTreatment Interaction (ATI) dan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada
materi SPLTV di kelas X MIA MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan eksperimen
semu. Adapun populasi dari penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas X MIA
MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 dan pengambilan sampel dengan
menggunakan cluster random sampling di mana kelas X MIA 4 sebagai kelas
eksperimen A dengan menerapkan Model Pembelajaran Aptitude-Treatment
Interaction dan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen B dengan menerapkan
Model Pembelajaran Matematika Realistik. Instrumen penelitian yang digunakan
pada penelitian ini ialah tes dan akan dianalisis menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data, maka dapat diketahui bahwa (1) Kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa melalui Model Pembelajaran AptitudeTreatment Interaction (ATI) pada materi SPLTV di kelas X MIA MAN 1 Medan
Tahun Pelajaran 2019/2020 berada pada kategori baik yaitu dengan rata-rata nilai
83,57 (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui Model
Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi SPLTV di kelas X MIA
MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 berada pada kategori baik yaitu
dengan nilai rata-rata 82,14 (3) Tidak terdapat perbedaan Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Aptitude-Treatment
Interaction (ATI) dan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), hal ini dapat
dibuktikan dengan thitung < ttabel yaitu 0,480 < 1,668.