DETAIL DOCUMENT
Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Dan Make A Match Di MTs Negeri 4 Langkat Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Ulandari, Tengku Sri
Subject
371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah 
Datestamp
2020-12-07 06:57:42 
Abstract :
Tujuan akhir dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan make a match pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII MTs Negeri 4 Langkat Kecamatan Bohorok Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sampel pada penelitian ini adalah adalah kelas VIII-6 yang terdiri dari 25 siswa dan VIII-7 yang terdiri dari 25 siswa juga. Kelas VIII-6 yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan kelas VIII-7 yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 4 cara yaitu; (1) tes (2) pengamatan (3) wawancara (4) dokumentasi. Dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran koperatif tipe make a match lebih tinggi peningkatan ketuntasan belajar klasikalnya yaitu pada tahap pratindakan : 16%, siklus I : 32% dan siklus II : 92% apabila dibandingkan dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dengan jumlah pada tahap pratindakan : 12%, siklus I : 28% dan siklus II : 92%. Menurut peneliti hal ini terjadi karena model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan model pembelajaran yang menyenangkan. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan