Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Ulandari, Tengku Sri
Subject
371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Datestamp
2020-12-07 06:57:42
Abstract :
Tujuan akhir dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan
peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe cooperative script dan make a match pada materi sistem
pernapasan manusia di kelas VIII MTs Negeri 4 Langkat Kecamatan Bohorok
Kabupaten Langkat.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Sampel pada penelitian ini adalah adalah kelas VIII-6 yang terdiri dari
25 siswa dan VIII-7 yang terdiri dari 25 siswa juga. Kelas VIII-6 yang diterapkan
model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan kelas VIII-7 yang
diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 4 cara yaitu; (1) tes (2)
pengamatan (3) wawancara (4) dokumentasi. Dengan teknik analisis data
kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran koperatif tipe make a
match lebih tinggi peningkatan ketuntasan belajar klasikalnya yaitu pada tahap
pratindakan : 16%, siklus I : 32% dan siklus II : 92% apabila dibandingkan
dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dengan jumlah pada tahap
pratindakan : 12%, siklus I : 28% dan siklus II : 92%. Menurut peneliti hal ini
terjadi karena model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan
model pembelajaran yang menyenangkan.