Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Lubis, Miftahul Jannah
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-15 12:14:45
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa sebelum
menggunakan model pembelajaran work based learning pada mata pelajaran
IPA materi perubahan wujud benda di kelas V MIS Mutiara Seimencirim
Kabupaten Deli Serdang, (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan model
pembelajaran work based learning pada mata pelajaran IPA materi perubahan
wujud benda di kelas V MIS Mutiara Seimencirim Kabupaten Deli Serdang,
(3) respon siswa terhadap model pembelajaran work based learning.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan subjek
penelitian berjumlah 14 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa
perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1)
hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran work based
learning mendapat nilai rata-rata sebesar 46,42%, siswa yang tuntas sebanyak
14,29% (2 siswa), (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan model
pembelajaran work based learning pada siklus I nilai rata-rata menjadi 62,14%
siswa yang tuntas sebanyak 57,14% (8 siswa). Pada siklus II nilai rata-rata
meningkat menjadi 74,29% siswa yang tuntas sebanyak 85,71% (12 siswa),
(3) respon siswa yaitu sangat antusias memperhatikan serta aktif dalam
kegiatan pembelajaran. Hal ini dilihat dari persentase hasil observasi siswa
siklus II 85% sebanyak 12 siswa.
Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran work based learning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan
wujud benda di kelas V MIS Mutiara Seimencirim Kabupaten Deli Serdang.