Abstract :
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya penggunaan metode
pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan berbicara siswa
kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara
siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Total Physical
Response. Penelitian ini menggunakan salah satu metode yaitu metode Total
Physical Response. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi pada penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini menggunakan II siklus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27
orang yaitu siswa kelas VII Mts Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis Tahun
2020. Berdasarkan hasil observasi lapangan, ditemukan bahwa kemampuan
berbicara siswa sangat meningkat dengan menggunakan metode Total Physical
Response. Hal ini, dibuktikan dengan banyaknya siswa yang aktif dalam
mengikuti proses kegiatan belajar mengajar dan dapat menjawab pertanyaan dari
soal pre test dan post test. Berdasarkan hasil pre test, ditemukan 26,0% (7 siswa)
yang mendapat nilai diatas 70. Pada post test siklus I, ditemukan sebanyak 70,4%
(19 siswa) yang mendapatkan nilai diatas 70. Hal ini menunjukkan adanya
peningkatkan kemampuan berbicara siswa dari pre test ke post test. Dan siklus II,
ditemukan sebanyak 92,6% (25 siswa) yang mendapatkan nilai diatas 70. Hal ini
menunjukkan peningkatan yang signifikan dari pre test, siklus I dan Siklus II.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Total Physical Response untuk
meningkatkan kemahiran berbicara siswa berhasil digunakan.