Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa
arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis,
dan mengetahui problematika metodologis dalam pembelajaran bahasa arab di
kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis, serta
mengetahui solusi terhadap problematika problematika metodologis dalam
pembelajaran bahasa arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul
Akmal Batang Kuis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif yaitu penelitian
yang menggambarkan data informasi yang berdasarkan dengan kenyataan (fakta)
yang diperoleh dilapangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII
Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis yang berjumlah 30
orang. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan
yaitu deskriftif-analitik yaitu mendeskrifsi dan menganalisis semua hal yang
menjadi fokus penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran bahasa
arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis tidak menggunakan meode yang bervariasi tapi hanya menggunakan metode
konvensional, yakni metode ceramah. Buku yang digunakan adalah buku durusul
lughotul arabiyah yang diberikan oleh pemerintah. Adapun evaluasi pembelajaran
dilaksanakan dengan cara memberikan tugas rumah, ujian tengah semeter, dan
ujian akhir semester.
Problematika metodologis dalam pembelajaran bahasa arab di kelas VIII
Madrasah Tsanawiyah Swasta Raudhatul Akmal Batang Kuis ialah: (1) metode
yang digunakan oleg guru bidang studi masih menggunakan metode
konvensional, kurangnya variasi metode yang digunakan oleh guru proses
pembelajaran bahasa arab sehingga keadaan kelas kurang aktif. Kurangnya
penguasaan materi serta kurangnya penguasaan kelas oleh guru. Kurangnya
motivasi dan minat siswa dalam belajar serta lemahnya pengetahuan siswa
tentang bahasa arab.