Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Tarmalia, Martina
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-23 03:57:00
Abstract :
Dunia pendidikan saat ini mulai diintegrasikan pendidikan berwawasan
lingkungan, misalnya model pembelajaran Science, Environment, Technologi,
and Society (SETS) dimaknakan sebagai sains, lingkungan, teknologi, dan
masyarakat, merupakan satu kesatuan yang dalam konsep pendidikan mempunyai
implementasi supaya peserta didik mempunyai kemampuan berpikir kreatif.
Model pembelajaran SETS akan membimbing peserta didik untuk berpikir global
dan bertindak lokal maupun global dalam memecahkan masalah-masalah yang
dihadapi sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model
pembelajaran SETS terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA di kelas IV MIN 3
Deli Serdang pada materi energi alternatif. Metode yang digunakan dalam
peneitian ini adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengambil sampel dengan cara
Random Sampling dengan jumlah sampel 30 siswa dikelas kontrol dan 30 siswa
dikelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang
signifikan dari penerapan model pembelajaran SETS terhadap kemampuan
berpikir kreatif siswa. Berdasarkan rata-rata dari hasil kemampuan berpikir kreatif
siswa dengan menerapkan model pembelajaran SETS adalah 85,66 dengan
standar deviasi 9,625 sedangkan rata-rata hasil kemampuan berpikir siswa dengan
model pembelajaran konvensional adalah 78,500 dengan strandar deviasi 7,785.
Dengan demikian penggunaan model pembelajaran SETS mempunyai pengaruh
yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV
MIN 3 Deli Serdang.