Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Harahap, Sa’adah
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-10-27 06:10:49
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar Ipa siswa
kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di MIN 5 Kota
Medan (2) Hasil belajar ipa siswa kelas IV dengan menggunakan model
pembelajaran Example Non Example di MIN 5 Kota Medan (3) Pengaruh
penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar ipa
siswa kelas IV MIN 5 Kota Medan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan tes, serta teknik analisis data dengan menggunakan
analisis inferensial (uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji Mann-Whitney). Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa. Dimana terdapat dua kelas, yaitu kelas IV-
A (kelas eksperimen) yang berjumlah 20 siswa dan kelas IV-B (kelas kontrol) yang
berjumlah 24 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis uji Mann-Whitney.
Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar
matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional
memperoleh rata-rata 82,70833333.. (2) Hasil belajar ipa siswa dengan
menggunakan model pembelajaran Example Non Example memperoleh rata-rata
86,2533333. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example
terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV di MIN 5 Kota Medan. Hal ini dibuktikan
dengan hasil uji Mann-Whitney yang diperoleh Zhitung sebesarsebesar -5.233 dengan
nilai Sig. 000. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari ? = 0,05 sehingga Ha
diterima.
Simpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar matematika
siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Example Non
Example lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran
Konvensional di kelas IV Min 5 Kota Medan.