Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Syahbanda, Amroni
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-11 06:49:04
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe bertukar pasangan dan kooperatif tipe two stay two stray terhadap
kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu kooperatif tipe bertukar pasangan
dan kooperatif tipe two stay two stray. Variabel dependennya kemampuan representasi
dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan
jenis penelitian true eksperimental research (eksperimental sungguhan).
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 5 dan MIA 6 MAN 1 Medan.
Sampel di pilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan test
dan memberikan perlakuan terhadap sampel. Metode statistik menggunakan analisis
varian (ANAVA), dengan pengujian hipotesis uji t.
Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh signifikansi dari model
pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan terhadap kemampuan representasi dan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; 2) Terdapat pengaruh signifikansi
dari model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan
representasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Simpulan penelitian
ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh signifikansi dari model pembelajaran
kooperatif tipe bertukar pasangan dan kooperatif tipe two stay two stray terhadap
kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLTV
kelas X-MIA di MAN 1 Medan T.P 2019/2020.