Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Luthfiah, Dina Aulia
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-13 07:51:52
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based
Learing (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA
Negeri 4 Binjai.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian
eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4
Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan rata-rata usia 16 sampai dengan 17
tahun, yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI
dengan 15 siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model Problem Based
Learning dan 15 siswa untuk kelas kontrol yang diajar secara konvensional.
Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah
siswa dengan menggunakan tes berbentuk uraian.
Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji test ?t?. Hasil
temuan menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre-test sebesar 27,87
dan rata-rata post-test sebesar 83,40, pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pre-
test 21,07 dan rata-rata post-test 57,67. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada kelas
eksperimen diperoleh nilai sebesar 14,358 dan 1,701 sehingga
yaitu . Pada kelas kontrol diperoleh nilai
sebesar 10,092 dan 1,701 sehingga yaitu .
Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan
masalah siswa lebih baik ketika diajarkan dengan model Problem Based Learning