Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Siregar, Erlina
Subject
371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Datestamp
2020-11-15 15:22:52
Abstract :
Tujuan penelitian tesis ini untuk mengetahui, 1) Manajemen kepala madrasah di man 2 model
medan, 2) Profesionalitas guru madrasah di MAN 2 Model Medan, 3) penerapan manajemen
dalam membentuk profesionalitas guru di MAN 2 Model Medan, dan 4) Faktor pendukung dan
penghambat dalam menerapkan manajemen kepala madrasah.
Metodologi penelitian ini menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan
sesuatu yang lain. Keperluan pengecekan atau berbagai pembanding terhadap data itu.
Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, berarti dengan cara
membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh
melalui waktu dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif. Pengecekan data berbagai sumber
dalam metode, a) triangulasi sumber (kegunaannya menguji kreadibitas untuk mengecek data
yang didapatkan dari beberapa sumber, b) triangulasi teknik (kegunaannya menguji data dengan
mengecek data sumber yang serupa dari wawancara kemudian dicek pada observasi dan
dokumentasi, c) triangulasi waktu, (dilaksanakan wawancara ketika narasumber dalam keadaan
baik, sedikit masalah sehingga peneliti dapat data yang lebih kredibel sedangkan kreadibilitasnya
dilakakukan melalui pengecekan wawancara, observasi atau teknik seperti waktu dan situasi
yang tidak sama.
Temuan dari hasil penelitian meliputi Implementasi manajemen kepala madrasah dalam
membentuk profesionalitas guru di MAN 2 Model Medan, 1) Mengikutsertakan guru dalam
kursus dan pelatihan pengembangan kualitas pembelajaran dengan penerapan studi banding ke
MAN 2 Pekan Baru Provinsi Riau, 2) Mengikutsertakan guru dalam Seminar, mengirim sebagian
guru untuk mengikuti seminar tersebut di acara kegiatan pelatihan dari pemerintah pusat yaitu
KANWIL KEMENAG SUMUT, pemateri pengurus dari MENAG RI dan MENDIKBUD RI.
Untuk menerapkan basis SKS, RPP 1 Lembar dan Silabus 1 Lembar serta menerapkan
pembuatan buku oleh guru, 3) Melibatkan guru dalam tim MGMP melakukan diskusi tatap muka
dan via whatshaap. 4) Meningkatkan kedisiplinan terhadap guru, 5) Kepala madrasah
memotivasi guru. Faktor penghambat perkembangan profesionalitas guru madrasah MAN 2
Model Medan, diantaranya: 1) Masih minimnya penguasaan ilmu teknologi oleh para guru, 2)
Hilangnya kreatifitas guru dinyatakan dengan tidak stabilnya masukan, 3) Kurangnya karya
ilmiah dari guru,. Maka peranan kepala madrasah dan pemerintah harus lebih memperhatikan
dan turut andil membangun perkembangan pada madrasah dengan sering mengadakan kegiatan
pelatihan dan pendidikan pada kalangan guru madrasah dalam rangka membentuk profesionalitas
guru di MAN 2 Model Medan.