Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Sari, Merisa Ammelia
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-16 06:16:43
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran
dan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan
menggunakan pembelajaran Jigsaw dan pembelajaran Student Facilitator And
Explaining di kelas X SMA PAB 6 Helvetia TP. 2019-2020.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
quasi eksperimen. Populasilnya adalah seluruh siswa kelas X SMA PAB 6
Helvetia TP. 2019-2020. Sample dalam penelitian ini adalah kelas X MIA-1 dan
kelas X MIA-2. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis menggunakan analisis varian (ANAVA). Hasil
temuan ini menunjukkan: 1) Kemampuan penalaran dan kemampuan representasi
matematis siswa yang diajarakn dengan pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada
siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Student Facilitator And Explaining, 2)
Kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran
Jigsaw tidak lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran
Student Facilitator And Explaining, 3) Kemampuan representasi matematis siswa
yang diajarakan dengan pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada siswa yang
diajarkan dengan pembelajaran Student Facilitator And Explaining, 4) Tidak
terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan
terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis siswa.
Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan penalaran dan
kemampuan representasi matematis siswa yang diajarakan dengan pembelajaran
Jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Student
Facilitator And Explaining di kelas X SMA PAB 6 Helvetia TP. 2019-2020