Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Warni, Lisda
Subject
2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Datestamp
2020-11-20 04:03:03
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perilaku anak
hiperaktif, mengatasi dampak perilaku anak hiperaktif pada proses pembelajaran,
mengetahui usaha-usaha guru dalam mengatasi perilaku anak di Raudhatul Athfal
Al- Huda.
Dalam pembahasan skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif. Dalam pendekatan teoritis penulis menggunakan penelitian yaitu
dengan membaca dan menganalisis buku-buku yang relevan dengan judul skripsi
ini. Sedangkan pendekatan empiris penulis menggunakan metode wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Untuk memaparkan temuan hasil penelitian dan
menganalisis data yang diperoleh penulis menggunakan deskriptif kualitatif
dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga hasil temuan yaitu meliputi: 1)
perilaku anak hiperaktif di Raudhatul Athfal Al- Huda. Guru masih mengami
kendala ketika mengatasi perilaku anak hiperaktif. 2) Dampak perilaku anak
hiperaktif dalam proses pembelajaran anak tidak dapat segera memulai kegiatan
pembelajaran yang diperintahkan oleh guru. 3) Usaha-usaha guru dalam
mengatasi perilaku anak hiperaktif yaitu dalam bentuk bimbingan klaksikal,
dalam bentuk individu atau konseling, menggunakan kalimat efektif.