Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Meliza, Meliza
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-21 14:22:28
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Perbedaan Kemampuan
Representasi Matematis Siswa dan Aktivitas Belajar Matematika yang diajar dengan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Make A Match di MTs Riyadhus Sholihin Sunggal
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen.
Populasinya adalah seluruh kelas VIII MTs Riyadhus Sholihin Sunggal tahun ajaran 2020-2021
yang berjumlah 3 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas VIII -1 dan VIII-2 yang
masing-masing berjumlah 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang diperoleh
dengan cara cluster random sampling. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui
kemampuan representasi matematis siswa dan aktivitas belajar matematika adalah dengan
menggunakan tes berbentuk uraian dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis
varians (ANAVA).
Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis
siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran Make A
Match pada materi keliling dan luas lingkaran dikelas VIII MTs Riyadhus Sholihin. Telah
dibuktikan dengan ANAVA dua jalur dengan nilai Fhitung = 18,138 > Ftabel = 4,007. 2) Terdapat
perbedaan aktivitas belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT
dengan model pembelajaran Make A Match pada materi keliling dan luas lingkaran dikelas VIII
MTs Riyadhus Sholihin. Telah dibuktikan dengan ANAVA dua jalur dengan nilai Fhitung = 7,584 >
Ftabel = 4,007. 3) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa dan aktivitas
bealajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran
Make A Match pada materi keliling dan luas lingkaran dikelas VIII MTs Riyadhus Sholihin. Telah
dibuktikan dengan ANAVA dua jalur dengan nilai Fhitung = 25,089 > Ftabel = 3,923. 4) Tidak
terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran
Make A Match terhadap kemampuan representasi matematis siswa dan aktivitas bealajar
matematika pada materi keliling dan luas lingkaran dikelas VIII MTs Riyadhus Sholihin. Telah
dibuktikan dengan ANAVA dua jalur dengan nilai Fhitung = 1,768 < Ftabel = 3,923. Simpulan dalam
penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa
dan aktivitas belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran numbered head
together dan make a match.