Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Aulya, Ellsa
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-21 14:33:30
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan Model
Pembelajaran Realistic Mathematics Education dan Model Pembelajaran Contextual
Teaching and Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan berpikir
kreatif siswa di kelas VIII MTs Riyadhus Sholihin Sunggal.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.
Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Riyadhus Sholihin Sunggal Tahun
Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 90 siswa. Sampel yang digunakan peneliti dalam
penelitian ini diperoleh dengan cara simple random sampling. Instrument tes yang
digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan berpikir
kreatif siswa adalah dengan mengunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan
dengan analisis varians (ANAVA).
Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistic Mathematics
Education dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi
keliling dan luas lingkaran dengan nilai Fhitung = 17,966 > Ftabel taraf ?(0,05)= 4,007; 2)
Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model
pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning pada materi keliling dan luas lingkaran dengan nilai Fhitung = 7,598
> Ftabel taraf ?(0,05)= 4,007; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep
matematis dan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistic
Mathematics Education dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
pada materi keliling dan luas lingkaran dengan nilai Fhitung= 24,840 > Ftabel taraf ?(0,05) =
3,923; 4) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan
berpikir kreatif siswa pada materi keliling dan luas lingkaran dengan Fhitung= 1,548 < Ftabel
taraf ?(0,05) = 3,923.