DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Al Farabi Kecamatan Tanjung Morawa Jalan Sultan Serdang T.A. 2018/2019.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Hafsari, Atika
Subject
2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak 
Datestamp
2020-11-24 05:16:40 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)Untuk mengetahui kemampuan berbicara anak usia dini pada kelasyang menggunakan kegiatan sosiodrama usia 5-6 tahun. 2) Untuk mengetahui kemampuan berbicara anak usia dini pada kelasyang menggunakan metode tanya jawab usia 5-6 tahun. 3) Untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan berbicara anak usia diniusia 5-6 tahun di RA Al Farabi Kecamatan Tanjung Morawa Jalan Sultan SerdangT.A 2018/2019. Jenis penelitian inimerupakan penelitian kuantitatif,yang populasi berjumlah 30 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi, dan teknik analisis data yang menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, 1) Hasil penilaian kelas yang menggunakan kegiatan sosiodrama berjumlah 16 anak, memiliki nilai rata-rata pre test (5,188) dan post test (10,188). 2) Hasil penilaian kelas yang menggunakan kegiatan metode tanya jawab berjumlah 14 anak, memiliki nilai rata-rata pre test (5,429) dan post test (8,786). 3) Dapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhyang signifikanantarakegiatanSosiodrama dengan nilai rata-rata kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuanadalah51,88 menjadi10,188.Hal inidibuktikandarihasilpengujianhipotesisdimana yaitu . 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan