Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah pada pelaksanaan pembelajaran daring dalam
mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMAN 96 Jakarta tahun pelajaran
2021/2022 ditemukan peserta didik yang kurang disiplin, kurang bertanggung
jawab dan kurang jujur selama proses pembelajaran secara daring. Sikap peserta
didik tersebut merupakan cerminan dari kondisi spiritualitas para peserta didik
selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak
pembelajaran daring terhadap spiritualitas peserta didik pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Kristen di SMAN 96 Jakarta. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif deskriptif. Obyek atau responden pada penelitian ini adalah siswa
Kristen kelas XI IPA 2 serta guru mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen SMAN
96 Jakarta. Berdasarkan penelitian yang didapat adalah pembelajaran daring
berdampak terhadap spiritualitas peserta didik melalui mata pelajaran Pendidikan
Agama Kristen berdasar pada upaya yang dilakukan bersama oleh peserta didik dan
guru mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen.
Kata Kunci: Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen, Pembelajaran Daring,
Spiritualitas./ The background of this research is in the implementation of online learning on
Christian Religious Education subjects at SMAN 96 Jakarta in the 2021/2022
academic year, it was found students who are less disciplined, less responsible and
less honest during the online learning process. The attitude of these students is a
reflection of the spiritual condition of the students during online learning. This
study aims to determine the impact of online learning on the spirituality of students
in the subject of Christian Religious Education at 96 Senior High School in Jakarta.
This research uses descriptive qualitative method. The objects or respondents in
the study were Christian students of class XI IPA 2 and teachers of Christian
Religious Education subjects at 96 Senior Hight School in Jakarta. Based on the
research obtained, online learning has an impact on the spirituality of students
through Christian Religious Education subjects based on joint efforts made by
students and teachers of Christian Religious Education subjects.
Keywords: Christian Religious Education subjects, Online Learning, Spirituality