Abstract :
Perkembangan ekonomi yang semakin tinggi, menyebabkan perusahaan
perlu melakukan berbagai hal dalam upaya dalam hal mencapai target perusahaan
yang diinginkan. Dalam hal ini total quality management yang terdiri dari 4
indikator yaitu: kepuasan konsumen, perbaikan berkelanjutan, hormat/respek
terhadap orang lain, manajemen berdasarkan fakta, merupakan bagian penting
dalam upaya mencapai target yang diinginkan. Dengan adanya total quality
management diharapkan pekerjaan akan dilakukan seefektif dan seefisien
mungkin.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui signifikansi pengaruh total
quality management terhadap kinerja manajerial PT. Kei T-Shirt Maluku
Tenggara dan untuk mengetahui indikator yang memiliki pengaruh paling
dominan terhadap kinerja manajerial PT. Kei T-Shirt Maluku Tenggara. Populasi
dalam penelitian ini adalah karyawan di PT. Kei T-Shirt Maluku Tenggara yang
berjumlah 100 karyawan dan dihitung menggunakan rumus slovin sehingga
diperoleh sampel penelitian sebanyak 50 responden dengan teknik proportional
random sampling.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa Berdasarkan hasil penelitian diketahui
bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel total quality management yang
terdiri dari kepuasan konsumen (X1), perbaikan berkelanjutan (X2),
hormat/respek terhadap orang lain (X3), manajemen berdasarkan fakta (X4),
berpengaruh terhadap kinerja manajerial PT. Kei T-Shirt, Dengan persamaan
regresi dari hasil analisis regresi berganda :
Y = 3.882 + 0.260X1 + 1.282X2 + 0.271X3 + 1.487X4
secara parsial dapat diketahui bahwa hubungan perbaikan berkelanjutan
berpengaruh dominan terhadap kinerja manajerial pada PT. Kei T-Shirt maluku
tenggara di mana nilai standardized coefficients terbesar dibandingkan dengan
nilai indikator lainnya yaitu 0.488.