Abstract :
ABSTRAKPermasalahan dalam penelitian ini adalahmasih terdapat sebagian besar siswabersikap atau berperilaku belum mencerminkan nilai sikap dan moral yang baik.Sikap dan moral di SMA Negeri 2 Bilah Hulu hanya disampaikan oleh guru matapelajaran pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan agama, sedangkan untukmata pelajaran yang lainnya guru lebih berfokus pada penyampaian materidibandingkan penanaman nilai sikap dan moral kepada siswa. Penelitian inibertujuan untukmendeskripsikan bentuk sikap dan moral siswa setelah diberikanpembelajaran analogipada konsep logika matematikadi Kelas XI SMA Negeri 2Bilah Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Bilah Hulupada semester genap Tahun Pembelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yangdigunakan yaitu lembar observasi sikap dan moral siswa. Data dianalisis denganmenggunakan analisis deskiptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentaserata-rata sikap dan moral siswa pada pertemuan I sebesar 41,55%, padapertemuan II sebesar 60,44%, pada pertemuan III sebesar 77,99%, dan padapertemuan IV sebesar 85,75%. Persentase sikap dan moral siswa tersebutmenunjukkan adanya peningkatan pada tiap pertemuan. Dari hasil tersebut dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran analogi dapat membentuk sikap dan moralsiswa.Kata Kunci : Pembelajaran Analogi, Sikap dan Moral Siswa