Institusion
Universitas Muhammadiyah Palembang
Author
KLARA EGA ZELLA, NIM. 332016025
Subject
Matematika Statistik
Datestamp
2020-09-05 06:30:26
Abstract :
Zella, Klara Ega. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap
Hasil Belajar Matematika Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII
MTs Nurul Islam Bayung Lencir. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika.
Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Drs. Syaifudin, M.Pd. (II) Nyimas
Inda Kusumawati. S.Si., M.Pd.
Kata kunci : Pengaruh, model pembelajaran explicit instruction, hasil belajar,
pertidaksamaan linear satu variabel.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII MTs Nurul Islam Bayung Lencir tahun ajaran 2020/2021
dengan sampel kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol.
Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran explicit
instruction diperoleh nilai rata-rata 77,64 dan standar deviasinya adalah 11,816. Sedangkan
pembelajaran menggunakan metode ekspositori diperoleh nilai rata-rata 59,61
dan standar deviasinya adalah 16,648. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menunjukkan harga t-hitung = 5,298 dan t-tabel = 1,66691
dan ini berarti t-hitung berada dalam daerah
penolakan Ho, yang artinya Ha diterima. Ada perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran explicit instruction dan hasil belajar siswa yang
menggunakan metode ekspositori, di mana hasil belajar siswa yang menggunakan
model pembelajaran explicit instruction lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang
menggunakan metode ekspositori. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
signifikan model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar matematika
materi pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII MTs Nurul Islam Bayung
Lencir.