Institusion
Universitas Muhammadiyah Palembang
Author
RIRIN OKTAVIANI, NIM. 332016003
Subject
Simulasi Matematis
Datestamp
2020-09-09 02:02:22
Abstract :
ABSTRAK
Oktaviani, Ririn. 2020. Pengembangan Modul Siswa Berbasis Pendekatan PMRI
pada Pokok Bahasan Hubungan Antargaris Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I) Dr.. Refi Elfira Yuliani,
S.Si., M.Pd., (II) Heru., S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Pengembangan, modul, PMRI, Hubungan Antargaris.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu bahan ajar berupa modul siswa berbasis
Pendekatan PMRI untuk kelas IV sekolah dasar serta mengetahui kevalidan dan
kepraktisan dari penggunaan modul yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar
peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian
pengembangkan (development research). Dalam proses pengembangan menggunakan
model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan
(develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian adalah peserta
didik kelas IV SD Negeri 31 Talang Kelapa yang berjumlah 8 peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh modul yang valid dan praktis. Kevalidan
terlihat dari hasil penilaian para ahli materi, media/tampilan modul dan bahasa.
Modul siswa yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan materi (aspek
kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian dan aspek penilaian PMRI), media/tampilan
(aspek kelayakan kegrafikan yang meliputi ukuran modul, desain sampul modul dan
desain isi modul), dan bahasa (aspek kelayakan kebahasaan). Kepraktisan terlihat dari
hasil penilaian peserta didik pada uji lapangan terbatas terhadap modul siswa yang
dikembangkan. Berdasrkan data hasil analisis angket peserta didik pada tahap uji
coba lapangan terbatas, modul siswa berbasis pendekatan PMRI mendapatkan jumlah
skor 321 dari total skor maksimal penilaian 352, yang persentasinya 91,19% dan
dikategorikan praktis.