Institusion
Universitas Muhammadiyah Palembang
Author
EVA SELFIANTI, NIM.342015006
Subject
Vertebrata (Hewan Bertulang Belakang)
Datestamp
2020-08-06 06:33:14
Abstract :
vii
ABSTRAK
Selfianti, Eva. 2019. Analisis Populasi P. schlosseri Pallas. di Jalur 13 Kecamatan
Muara Sugihan dan Sumbangsih Media Pembelajaran di SMA. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II)
Ervina Mukharomah, S.Pd., M.Si.
Kata kunci : populasi, P. schlosseri Pallas., media pembelajaran modul.
Habitat mangrove merupakan habitat hewan-hewan yang khas salah satunya yaitu P.
schlosseri Pallas. Di jalur 13 dahulunya terdapat hutan mangrove yang sudah
dialihfungsikan menjadi daerah pertambakan, penelitian dilakukan didaerah
pertambakan khususnya di parit 18. P. schlosseri Pallas. adalah salah satu spesies yang
hidupnya dipengaruhi oleh keberadaan dari hutan mangrove sehingga mempengaruhi
populasi dari spesies tersebut. Masalah Penelitian ini adalah 1) Bagaimana besar
jumlah populasi P. schlosseri Pallas. di Jalur 13 Kecamatan Muara Sugihan? 2)
Bagaimana sumbangsih modul Pembelajaran layak atau tidak digunakan di SMA
Negeri 3 Palembang? Metode Penelitian menggunakan Capture-recapture dengan
analisis data menggunakan rumus dari Lincoln-Peterson. Sumbangsih bahan ajar
berupa modul yang diuji kelayakannya. Berdasarkan hasil analisis data diketahui
kelimpahan individu atau besar jumlah hewan dalam populasi (N) yaitu 208 individu,
dan diketahui kelimpahan relatif yaitu sebesar 30% yang artinya kelimpahan populasi
individu tersebut tinggi, dengan interval besarnya populasi P. schlosseri Pallas. tidak
kurang dari 125 dan tidak lebih dari 291. Bahan ajar Modul berdasarkan hasil validasi
yang dilakukan oleh ketiga para ahli dikategorikan sangat layak dengan oleh ahli media
memperoleh nilai 48 ? 32, hasil validasi dari ahli materi memperoleh nilai 17 ? 10,6,
dan hasil validasi dari ahli bahasa memperoleh nilai 22 ? 13, dari data uji kelayakan
dapat dikatakan bahwa bahan ajar modul dapat disumbangsihkan dan digunakan dalam
proses pembelajaran.