Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang pelaksanaan
fungsi-fungsi manajemen strategis sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di
IAIN Padangsidimpuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan
pendekatan kualitatif dengan menggunakan latar alamiah sebagai sumber datanya.
Untuk mengumpulkan data yang diperlukan agar sesuai dengan fokus masalah,
rumusan masalah dan tujuan penelitian, maka digunakan teknik observasi,
wawancara dan studi dokumentasi.
Temuan penelitian menginformasikan, yaitu: 1) Perencanaan peningkatan
mutu pendidikan dengan meminta perencanaan per unit dan dibawa ke Rapat
Kerja Tahunan. Perencanaan yang dilakukan adalah penetapan rencana
peningkatan mutu pendidikan seperti: perencanaan seminar, workshop, pelatihan,
penelitian, baik bagi dosen maupun mahasiswa, pembuatan jumal fitrah,
mendatangkan dosen ahli, mengikuti seminar di instansi lain, merencanakan
pengadaan sarana dan prasarana, pemberian beasiswa, penentuan lokasi KKL,
lokasi PPL, program desa binaan. Orang-orang yang terlibat dalam perencanaan
adalah seluruh unsur pimpinan yang ada di IAIN Padangsidimpuan, Pegawai dan
Dosen. 2) Pengorganisasian peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan dengan
cara pembagian tugas sesuai dengan bidang keahlian masing-masing unit
pengelola. 3) Pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan dilakukan selain
melakukan koordinasi antara unsur pimpinan dengan pegawai/ dosen dan
mahasiswa juga dengan melaksanakan workshop, seminar, pelatihan, penerbitan
jurnal, penelitian, sertifikasi dosen, pembukaan jurusan baru, peningkatan
akreditasi jurusan, program desa binaan serta peningkatan sarana prasarana 4)
Pengawasan peningkatan mutu pendidikan dilakukan secara rutin untuk
memantau sejauhmana pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan telah berjalan.
Pengevaluasian peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan menilai kinerja
yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga diketahui
apa saja hambatan yang dihadapi dan bagaimana cara penyelesaiannya.