Abstract :
Aplikasi Mobile JKN merupakan terobosan baru BPJS Kesehatan
untuk mendapatkan kemudahan dalam layanan kesehatan yang dapat
diakses melalui smartphone. Di RSU Yapika Gowa, Mobile JKN sudah
mulai digunakan oleh peserta JKN-KIS mulai april 2023. Sudah terdapat
sekitar 1.785 jiwa yang menggunakan Mobile JKN per 5 bulan terakhir.
Pihak rumah sakit sudah sangat sering mensosialisasikan terkait Mobile
JKN kepada para peserta JKN-KIS, namun masih banyak kendala yang
dialami seperti pengguna merasa sulit dalam menggunakan hingga
pengguna yang kurang memahami seluruh fitur-fitur yang tersedia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor
pengetahuan, tindakan, ketersediaan, keterampilan, dukungan sosial, dan
penyedia layanan dengan pemanfaatan Mobile JKN pada pasien rawat
jalan di RSU Yapika Gowa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan penedekatan Cross Sectional. Sampel penelitian berjumlah 189
jiwa. Pengumpulan data menggunakan Kuisioner. Analisis data dilakukan
secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square
Hasil penelitian dengan p-value ?=0,05 menghasilkan pengetahuan
p=0.004, tindakan p=0.000, ketersediaan p=0.108, keterampilan nilai
p=1.000, dukungan sosial p=0,000 dan penyedia layanan kesehatan
p=0.001. Terdapat empat variabel yang berhubungan dan dua variabel
yang tidak berhubungan. Kesimpulan penelitian ini kepada rumah sakit
lebih meningkatkan pelatihan berkala kepada staff medis, menyediakan
panduan dan bantuan tata cara penggunaan Mobile JKN di Rumah Sakit.