DETAIL DOCUMENT
ANALISA PENGARUH JARAK U-Turn TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS DI JALAN MAJAPAHIT, KEKALIK, KOTA MATARAM)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Mataram
Author
JUSNAINI, JUSNAINI
Subject
625 Teknik Rel Kereta Api dan Jalan Raya 
Datestamp
2020-08-28 03:13:05 
Abstract :
Ruasjalan Majapahit, Kekalik, di Kota Mataram Provinsi Nusa tenggara Barat (NTB), merupakan jalan arteri dengan volume lalulintas yang relative tinggi. Dari masing – masing ruas jalan tersebut telah dilengkapi dengan median beserta bukaan median untuk mengakomodir gerakan U-Turn. Penelitian ini mempelajari tundaan bagi kendaraan yang akan melakukanu-turn dibukaan median dan yang tidak melakukanu-turn. Lokasi yang diamati pada ruasjalan 4/2 D, yaitu bukaan median Jln.Majapahit, depan Taman Budaya kota Mataram, di seberang Pom Bensin Majapahit, Kota Mataram. Dari hasil perhitungan maka di simpulkan untuk volume terbesar terjadi pada hari Senin di jam 07.00-08.00 sebesar (5952kendaraan),kecepatan kendaraan HV = 10-25 km/jam, untuk kendaraan LV = 15-25 km/jam, sedangkan untuk kendaraan MC = 15-25 km/jam, dengan antrian 23 meter, dengan tingkat pelayanan jalannya C. Kata Kunci : U-Turn, Volume Kendaraan, Kecepatan, Antrian, Tingkat Pelayanan 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Mataram