Abstract :
Guru merupakan faktor kunci mutu pendidikan dan kemajuan sebuah
bangsa. Negara yang kurang memperhatikan tenaga pendidiknya akan sulit majukarena kualitas generasi penerus di tentukan oleh guru. Masalah kesejateraan guru
menyebabkan profesi keguruan mulai dianggap oleh sebagian guru hanya sebagai
profesi sampingan dan pada faktanya sudah mulai banyak guru yang mulai beralih
profesi misal nya menjadi pembisnis, Tukang ojek online dan Menjadi petani.
Akibatnya membuat sebagian guru kinerja nya mulai menurun karena sudah tidak
terlau menekuni profesinya sebagi guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui †Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Honorer
Dalam Proses Belajar Mengajarâ€. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis wawancara yang di gunakan
adalah wawancara terstruktur, dan tidak terstruktur. Sedangkan teknik
pengumpulan data dalam subyek penelitian yaitu menggunakan purposive sampling
dan Snowball sampling.Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti dapat menarik
kesimpulan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru honorer
dalam proses belajar mengajar di SMPN 2 Narmada ataralain meberi motivasi,
melakukan evaluasi terhadap kinerja guru, memberi nasehat dan teguran sesuai
prosedur yang berlaku, memperjuangkan nasib guru honorer, memberikan
bimbingan, dan selalu melibatkan guru honor dalam kegiatan penting serta
menyediakan sarana untuk kegiatan belajar mengajar.
Kata kunci: Kepala Sekolah, Kinerja, Guru Honorer, Belajar Mengajar