Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
TRISHA INDRIYANTI, TRISHA
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2025-02-24 04:35:57
Abstract :
Generasi Z menjadi generasi dengan jumlah pemilih terbanyak kedua setelah generasi milenial pada pemilu tahun 2024. Generasi ini memiliki karakteristik unik, termasuk kepekaan terhadap isu-isu global, kecenderungan kritis
terhadap informasi yang diterima, dan sikap yang lebih terbuka terhadap perbedaan dan keragaman. Pilihan Gen Z dipengaruhi oleh priming, yaitu apa yang paling mencolok dalam pikiran mereka saat melihat kandidat. Seperti pada calon presiden nomor urut 2 (Prabowo Subianto) yang menggunakan personal branding dengan julukan "Gemoy". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh personal branding "Gemoy" Prabowo Subianto terhadap perilaku memilih generasi Z di Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi penelitian adalah generasi Z di Kota Tangerang dengan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai R
Square sebesar 80.9%, mengindikasikan bahwa personal branding memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku memilih.
Kata kunci : Generasi Z, Personal Branding, Perilaku Memilih, Prabowo Subianto