Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya tingkat pengetahuan dan
pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hal ini
mengakibatkan siswa belum mampu meningkatkan kemampuan komunikasi
mereka dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sehingga siswa belum mampu
menerapkan kompetensi yang ada pada mata pelajaran pendidikan agama Islam
dalam kehidupan sehari-hari. Skripsi ini dilakukan untuk mengetahui hubungan
kompetensi mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan
komunikasi siswa kelas X IPS di SMA Islamic Centre Kota Tangerang Penelitian
ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif yaitu untuk
mengumpulkan data dari sekumpulan panel atau responden. Diperoleh jumlah
sampel sebanyak 50 responden dari 174 populasi penelitian dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner,
item pertanyaan yang dinilai dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
heterokedastisitas, dan untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi
linier sederhana dan diperkuat koefisien korelasi product moment. Analisis ini
menggunakan perhitungan rumus dan aplikasi SPSS versi 24. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi mata pelajaran
pendidikan agama Islam dengan kemampuan komunikasi siswa dengan koefisien
korelasi product moment sebesar 0,352, dikonsultasikan pada rtabel taraf signifikan
5% = 0,2732 dan hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana yaitu Y = 21,072
+ 0,345 X artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi mata
pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan komunikasi siswa di SMA
Islamic Centre Kota Tangerang. Berdasarkan koefisien determinasi dapat diketahui
bahwa variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 12,4%,
sedangkan 87,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.