Abstract :
Keterampilan menulis (maharah al-kitabah/ writing skill) adalah kemampuan dalam
mendeskripsikan atau mengungkapkan isi pikiran, mulai dari aspek yang sederhana seperti
menulis kata-kata sampai kepada aspek yang kompleks yaitu mengarang. Maharah kitabah
dapat dikatakan sebagai kemahiran yang kompleks karna beberapa faktor yang menjadi
kekhasan aspek menulis dalam bahasa Arab yang sekaligus menjadi problematika dalam
mencapai kemahiran tersebut, seperti arah tulisan dan bentuk huruf yang berbeda dengan
penulisan dalam bahasa Indonesia. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui
problematika apa saja yang siswa hadapi tentang pembelajaran bahasa Arab di SMP
Muhammadiyah 48 Cikupa Tangerang dan upaya guru dalam mengatasi problematika
pembelajaran menulis bahasa Arab pada siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah 48 Cikupa
Tangerang. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan
menggunakan jenis analisis deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah
problematika pembelajaran menulis bahasa Arab terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek
linguistik dan aspek non-linguistik. Problematika yang terkait dengan aspek linguistik diantara
lain, lambatnya siswa dalam penulisan teks bahasa Arab, kurang dapat membedakan huruf
hijaiyyah yang dapat disambung maupun tidak disambung. Dan probelmatika yang terkait
dengan aspek non-linguistik yaitu faktor berbedanya latar belakang siswa , dan faktor
kurangnya penjelasan makna dari guru bahasa Arab. Upaya guru dalam mengatasi
problematika pembelajaran menulis bahasa Arab yaitu, mengadakan kelas tambahan tentang
pembelajaran bahasa Arab khususnya menulis bahasa Arab, memberikan materi tambahan
terkait pembelajaran bahasa Arab khususnya menulis bahasa Arab, memberikan motivasi dan
apresiasi terhadap siswa, dan mengadakan kegiatan ekstrakulikuler bertema bahasa Arab.