Abstract :
Hasil belajar siswa dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai apakah
pendidikan disuatu sekolah berhasil atau tidak. sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh
berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan metode resitasi oleh seorang pendidik
dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan seorang pendidik agar mampu menciptakan
lingkungan kelas yang menyenangkan dan menarik sehungga siswa mampu mengasah
kreativitasnya dalam berfikir yang nntinya berdampak pada peningkatan hasil belajar
khususnya pada pelajaran Bahasa Arab.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasikan
Hubungan Antara Metode Resitasi dan Hasil Belajar Pelajaran Bahasa Arab siswa Kelas
VIII di SMP Muhammadiyah 5 Kota Tangerang.
Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yang
berarti penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada
berdasrkan data-data numeric (angka), menyajikan data, menganalisis dan
menginterpretasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara metode
resitasi dan hasil belajar Pelajaran Bahasa Arab siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah
5 Kota Tangerang. Dan ini terbukti dari nilai Correlation Produk moment dan diperkuat
dengan uji ?t?test. Didapatkan nilai 0,00 dan dari nilai tersebut dilanjutkan dengan
menghitug uji ?t?test untuk mencari hasil ?t?hitung, maka didapatkan nilai ?t?hitung
6,66 dan nilai ini lebih besar dari ?t?tabel yaitu 9,261. Dan dari hasil yang didapatkan
peneliti bahwa thitung < ttabel. Dan ini dapat diartikan bahwa (Ha) Hipotesis Alternatif
diterima dan (H0) Hipotesis Nol ditolak.