Abstract :
?Analisis Startegi Pemasaran Kredit Usaha Rakyat Bagi UMKM di Pegadaian Syariah
Tangerang Babakan ".
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi pemasaran Kredit Usaha Rakyat
(KUR) pada PT Pegadaian Syariah KC Tangerang, dimana pembiayaan tersebut mampu
tersalurkan hampir memenuhi target sempurna walaupun tergolong bank syariah baru serta
berperan sebagai Lembaga penyalur KUR yang baru pula. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif, yaitu pendekatan deskriptif, wawancara, dan menggunakan matriks IFE,
EFE, IE dan matriks SWOT. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan adalah PT Pegadaian
Syariah KC Tangerang memiliki kekuatan internal yang Kuat, akan tetapi faktor eksternal
tergolong lemah karena berada standar penilaian yaitu 2,64 Posisi KUR pada perusahaan saat ini
berada pada tahap ?grow and build ? atau tumbuh dan mengembangkan yang menjadi kekuatan
internal perusahaan, selanjutnya strategi yang harus dilakukan pada tahap ini ialah penetrasi
pasar,pengembangan produk, dan pengembangan pasar.
Kata Kunci: Analisis Strategi Pemasaran, Pegadaian Syariah, KUR ( Kredit Usaha
Rakyat), UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah