Abstract :
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Self Control Siswa-Siswi Kelas Viii Di
Mtsn 3 Kabupaten Tangerang.
Penelitian ini membahas tentang peran guru Pendidikan agama Islam dalam membangun self
control siswa-siswi kelas VIII di MTsN 3 Kabupaten Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah
Untuk mengetahui (1) peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun self control Siswa
Siswi Kelas VIII di MTsN 3 Kabupaten Tangerang. (2) Untuk mengetahui apa faktor pendukung
dan penghambat peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun self control Siswa-Siswi
Kelas VIII di MTsN 3 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan menggunakan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh dari guru yang diperoleh dari
lapangan, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data
peneliti menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa masih terdapat siswa-siswi di MTsN 3 Kabupaten Tangerang
yang belum bisa mangatur emosi dan perilakunya, penyebab hal tersebut terjadi dikarenakan masih
kurangnya kestabilan emosi pada diri sendiri, serta faktor lingkungan (sekolah, maupun media
sosial) dan faktor keluarga yang menyebabkan ketidaksetabilan emosi. Maka dapat disimpulkan
bahwa peran guru pai dalam self control siswa-siswi ini dapat berhasil dalam membangun self
control siswa-siswi dengan adanya faktor pendukung disekolah (1) Kerjasama dari semua pihak
Pendidik/Tenaga pengajar bukan hanya guru PAI serta (2). Adanya kebijaksanaan sekolah dalam
menerapkan kedisiplinan. (3). Dan juga program ESQ (emotional spiritual quotient) yaitu untuk
membangun diri sendiri bisa mengontrol emosi, biasanya program ini dilakukan ketika adanya
siswa-siswi baru. Dapat didukung oleh pihak sekolah dalam terciptanya lingkungan yang nyaman
bagi siswa-siswi MTsN 3 Kabupaten Tangerang.
Kata Kunci: Peran Guru, Self Control.