DETAIL DOCUMENT
OTONOMI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDN 2 BOTUMOPUTI KECAMATAN TIBAWA KABUPATEN GORONTALO
Total View This Week66
Institusion
Universitas Negeri Gorontalo
Author
FATMAH D. KALUKU (STUDENT ID : 131408040)
Dr. ASRIN, M.Pd (LECTURER ID : 0031127115)
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd (LECTURER ID : 0024037003)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2012-09-20 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Fatmah D. Kaluku. 2012. Otonomi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Mutu Pembelajaran di SDN 2 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Asrin, M.Pd, Pembimbing II : Warni T. Sumar, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan otonomi kepala sekolah dalam pengembangan program pembelajaran di SDN 2 Botumoputi kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, 2) mendeskripsikan otonomi kepala sekolah dalam pengembangan materi di SDN 2 Botumoputi kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, 3) mendeskripsikan otonomi Kepala Sekolah Dalam Penilaian Pembelajaran di SDN 2 Botumoputi kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Otonomi kepala sekolah dalam pengembangan program pembelajaran di SDN 2 Botumoputi kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo diaktualisasikan melalui kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan program tahunan, program semester, serta pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) otonomi kepala sekolah dalam pengembangan materi pembelajaran, diaktualisasikan melalui upaya kepala sekolah dalam pengembangan materi bahan ajar, pengembangan metode pembelajaran, pengembangan media pembelajaran, dan pengembangan scenario pembelajaran, 3) Otonomi kepala sekolah dalam penilaian, dilakukan melalui pengembangan instrument penilaian dan pemanfaatan hasil penilaian sebagai rujukan atau kriteria dalam penetapan naik tinggal, penetapan siswa yang berperstasi, serta sebagai bahan analisis dan kajian untuk pengadaan sarana penunjang yang diperlukan sekolah. Disarankan; 1) Guru diharapkan dapat melakukan pengembangan program pembelajaran melalui penyusunan program tahunan, program semester dan RPP yang dilaksanakan di sekolah perlu diikuti dengan kegiatan reviu setiap semester untuk mengetahui tingkat efektivitas pelaksanaan kurikulum rentang setiap semester, 2) kepala sekolah perlu memfasilitasi guru dalam melakukan pengembangan materi bahan ajar dengan memberikan dukungan dana yang memadai sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan mencapai target yang diharapkan Kata Kunci : Otonomi, Mutu, Pembelajaran  
Institution Info

Universitas Negeri Gorontalo