Institusion
Universitas Hasanuddin
Author
NURDIANSYAH NURDIN, WAHYU
Prof. Dr. Sangkala, M.Si. Prof. Dr. Sangkala, M.Si. (LECTURER ID : 0011116312)
Subject
JA Political science (General)
Datestamp
2021-11-10 03:41:08
Abstract :
ABSTRAK
Wahyu Nurdiansyah N. Akuntabilitas Pelayanan Publik, Studi Kasus Pelayanan
Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar (di bimbing oleh
Sangkala dan Muhammad Yunus).
Penelitian ini bertujuan menganalisis akuntablitas pelayanan publik
pembuatan paspor pada Kantor Inigrasi Kelas I Makassar.
Penelitian ini bersifat deskriptif melalui studi kasus. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. data dianalisis dengan
menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas penyelenggaraan
pelayanan pembuatan paspor pada Kantor Imigrasi Kelas I Makassar belum
sepenuhnya akuntabel dalam memberikan pelayanan. Fenomena yang terjadi di
Kantor Imigrasi Kelas I Makassar dikaitkan dengan siapa yang bertanggung jawab
atas apa yang harus dipertanggung jawabkan apabila terjadi kesalahan yang
menyebabkan kinerja masih rendah dapat dikategorikan Skenario Tipe II. Tipe II
masih memungkinkan seorang pejabat yang secara formal tidak dapat
dikategorikan bertanggung jawab sekalipun ada cukup bukti karenanya
menyebabkan kinerja gagal. Dalam kondisi seperti itu, meski seorang Pimpinan
tidak secara eksplisit bertanggung jawab atas fenomena-fenomena negatif yang
muncul, kinerja yang rendah, atau bahkan kesalahan bawahannya masih dapat
dihukum karena kelemahannya dalam menjalankan tugas pengawasan atau
pelatihan bawahan yang dapat berujung pada teguran atau diberhentikan.