Institusion
Universitas Bengkulu
Author
Aprinaldi , AprinaldiÂ
Agus , Nuramal
Afdhal Kurniawan, Mainil
Subject
T Technology (General)
Datestamp
2015-01-30 16:45:19
Abstract :
Penelitian ini menganalisa pengaruh modifikasi kepala silinder terhadap campuran bahan bakar-udara pada mesin Honda GX-160. Penelitian ini dilakukan dengan cara memotong kepala silinder sebesar 0,1, 0,2, 0,3, 0,4, dan 0,5. mm yang akan memperkecil ruang bakar sehingga mempertingi kompresi. Hasil penelitian pada performa mesin kondisi kepala silinder standar, untuk nilai torsi yang tertinggi dihasilkan 0,63 N.m pada putaran mesin 3800 rpm. Dan pada kondisi kepala silinder yang telah dimodifikasi, nilai torsi yang tertinggi pada putaran mesin 1,10, 1,14, 2,74, 3,13,5,09. N-m.Daya tertinggi yang dihasilkan pada kondisi kepala silinder standar yaitu 3800 rpm yaitu 0,36 hp serta pada kondisi kepala silinder yang telah dimodifikasi daya tertinggi pada putaran mesin 3800 rpm yaitu 0,64, 0,66, 1,57, 1,82, 2,97 hp Nilai torsi dan daya yang dihasilkan cenderung lebih tinggi dengan menggunakan kepala silinder modifikasi. Komsumsi bahan bakar spesifik (SFC) yang dihasilkan pada kondisi standar cenderung lebih tinggi di bandingkan dengan kondisi kepala silinder yang telah dilakukan modifikasi, SFC terendah pada kepala silinder yang telah dimodifikasi yaitu pada putaran mesin 3800 rpm yaitu 1,67, 1,61, 0,87 0,58 0,32 kg/hp.h.