Abstract :
Eneng Rahma Suci, H.1611199 ?Penerapan pendekatan inquiry-discovery
learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN Siranggap
Bogor?, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Universitas Djuanda Bogor, 2016.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
IPA. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA di SDN
Siranggap masih rendah. Proses pembelajaran IPA belum melibatkan siswa secara
aktif dan guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Untuk mengatasi
masalah tersebut, maka perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran di kelas,
salah satunya adalah dengan menggunakan penerapan pendekatan inquirydiscovery learning Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin
yang dilaksanakan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap
perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA peserta kelas IV SDN
Siranggap setelah menggunakan penerapan pendekatan inquiry-discovery
learning. Hal ini Tampak pada pra siklus yaitu rata-rata sebesar 54,0 kemudian
pada siklus I menjadi 65,44 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,96 dengan
kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 65. Adapun ketuntasan belajar pada
pra siklus sebesar 8%, pada siklus II meningkat menjadi 52% dan siklus II
meningkat menjadi 100%. Maka dapat direkomendasikan bahwa dengan
penerapan pendekatan inquiry-discovery learning dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik kelas IV SDN Siranggap.
Kata kunci: Inquiry-Discovery Learning, Hasil Belajar, IPA