Abstract :
Musdalifah. NIM: H.1610394 Pengembangan media puzzle untuk materi
penjumlahan dan pengurangan bagi siswa tunarungu tingkat Sekolah Dasar.
Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2020.
Media adalah suatu alat yang digunakan untuk mengantarkan pesan dari
pendidik kepada peserta didik. Dan media mempunyai peran penting dalam suatu
pembelajaran. Siswa tunarungu adalah siswa yang belajar dengan memanfaatkan
visual, sehingga media yang berbentuk visual sangat membantu siswa tunarungu
dalam belajar khususnya pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui kelayakan media puzzle untuk materi penjumlahan dan pengurangan
bagi siswa tunarungu tingkat sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian
dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini
menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yang meliputi
penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, desain produk, validasi desain, revisi
desain dan uji coba produk. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan
validasi produk oleh ahli media, validasi oleh ahli materi, dan validasi oleh 2 guru.
Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan
analisis data kuantitatif. Media puzzle of number adalah seperangkat media
pembelajaran yang terdiri dari puzzle box, puzzle, puzzle book dan pion-pion. Media
puzzle ini dapat dilipat dan terdiri dari tiga tingkatan, tingkatan pertama untuk
satuan yaitu dari angka 1 ? 10, tingkatan kedua untuk belasan yaitu dari angka 11 ?
20, dan tingkatan ketiga untuk puluhan yaitu dari angka 21 - 30. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa media puzzle of number sangat layak digunakan pada materi
penjumlahan dan pengurangan bagi siswa tunarungu tingkat sekolah dasar. Hasil
validasi oleh ahli media menunjukkan persentase keidealan produk sebesar 82,14
% dengan kategori valid, penilaian oleh ahli materi menunjukkan persentase sebesar
86 % dengan kategori sangat valid, dan penilaian oleh guru menunjukkan persentase
sebesar 90,26 % dengan kategori sangat praktis.
Kata Kunci: media, siswa tunarungu, puzzle, matematika