Abstract :
ABSTRAK
AsriNurasiah.NIM F.1710039.StrategiPemasaranMelaluiPeningkatan
MutuLembagaPendidikandiSekolahMtsSA TarbiyatulHudaCaringin
Bogor.SkripsiManajemenPendidikanIslam,FakultasKeguruanDanIlmu
Pendidikan.UniversitasDjuandaBogor.2021
Pendidikan formal semakin hari dihadapkan dalam tantangan global.
Menjadikan pendidikan yang kurang berkualitas akan terpinggirkan.
Implikasi dari hal ini adalah bahwa masyarakat sudah sudah mulai
mempertanyakandanmemilihlembagasekolahyangbemutuuntukputra?putrimereka.Namunhinggasaatinipermasalahanmutupendidikantidak
jugakunjungselesai.Pendidikanyangberkualitasmerupakanharapandan
tuntutan seluruh stakeholder pendidikan.Atasdasarinimaka lembaga
sekolah harus memiliki strategi pemasaran pendidikan agar tidak
ditinggalkandanmampubersaingdenganlembagapendidikanlainnya.Dari
berbagaipandangan,kriteria serta indikatoryang dapatdiambilbahwa
mutulembagapendidikandapatditingkatkanmelaluistrategidiferiensiasi
yangdipakaiuntukmenghadapipersaingansetiaplembagasebagaibentuk
upaya meningkatkan strategipemasaran.Penelitian inibertujuan untuk
mendeskripsikan strategi pemasaran pendidikan dilakukan dalam
xii
meningkatkan mutu lembaga pendidikan disekolah MtsSA Tarbiyatul
Huda Caringin Bogor.Adapun data yang dikumpulkan yaitu melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Dan
validasidatayangdigunakanberupaujikredibilitasdantriangulasidata.
Pada penelitian ini peneliti menghasilkan temuan berupa gambaran
mengenaistrategipemasaranmelaluipeningkatanmutulembagapendidikan
yangterdiridari:1)strategidiferiensiasiproduk,jasa,SDM dancitra.2)
Harga (price) yang ditawarkan dapat diterima pada semua lapisan
masyarakat3)Fokustehadap marketsasaran 4)danstrategipromosi
yang digunakan dari berbagai macam media menjadi alat untuk
menyampaikan informasi terhadap pengguna jasa lembaga pendidikan.
Implementasidaristrategidiferiensiasidalammeningkatkanmutulembaga
pendidikaninimenjadisebuah solusinyata yang menjadiharapanagar
dapatmengelolaindikatormutupendidikanuntuksalingbersinergidalam
upayapeningkatanmutulembagapendidikan.
KataKunci:
StrategiPemasaran,MutuPendidikan