Abstract :
ABSTRAK
Karimah Amatullah. NIM: H.1610159 Efektivitas Komunikasi Interpersonal
pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu
AZZAHRA Kabupaten Bogor. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor. 2016.
Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Subjek penelitian meliputi GPK dan orang tua. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen peneliti dengan
menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah Model Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui triangulasi
sumber. Hasil penelitian mengenai efektivitas komunikasi interpersonal GPK dan orang
tua pada anak autis yaitu efektif karena, (1) Keterbukaan: GPK dan Orang tua mampu
terbuka dan memberikan kebebasan berkomunikasi pada anak autis; (2) Empati: GPK dan
orang tua mampu merasakan apa yang dirasakan oleh anak autis; (3) Sikap Mendukung:
GPK dan orang tua mampu memotivasi belajar dengan penuh kesabaran tanpa
memberikan paksaan; (4) Rasa Positif: GPK dan orang tua mampu memberikan pujian
kepada anak autis sehingga terciptanya semangat pada diri anak autis; (5) Kesetaraan:
GPK dan orang tua mampu memposisikan keberadaan anak autis seperti sahabat.
Kata Kunci: Efektivitas, Komunikasi Antarpribadi, Autis