Abstract :
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mengetahui pelaksanaan bauran pemasaran jasa
(Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Proses, Bukti fisik) dan keputusan penumpang
dalam membeli tiket bus pada PT. Eka Sari Lorena Transport; 2) mengetahui pengaruh secara
simultan bauran pemasaran jasa terhadap keputusan penumpang dalam membeli tiket bus
pada PT. Eka Sari Lorena Transport; 3) mengetahui pengaruh secara parsial bauran
pemasaran jasa (Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Proses, Bukti fisik) terhadap
keputusan penumpang dalam membeli tiket bus pada PT. Eka Sari Lorena Transport. Metode
peneliti yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Data
penelitian diperoleh dengan mendistribusikan kuiseoner kepada penumpang bus lorena
jurusan Bogor-Banyuwangi kelas eksekutif sebanyak 100 responden. Kuesioner tersebut
menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas serta uji asumsi klasik. Skala likert digunakan
sebelum dilakukan pengujian dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan bauran pemasaran jasa (produk, tempat/ distribusi,
harga, promosi, orang, proses, dan bukti fisik) pada PT. Eka Sari Lorena Transport dapat
dikategorikan baik. Sedangkan keputusan penumpang dalam membeli tiket bus meliputi
indikator konsumen merasa senang, indikator selalu melakukan pembelian kembali, indikator
pilihan dalam transaksi yang tepat, dan indikator merekomendasikan kepada orang lain,
semua dapat dikategorikan baik. 2) Bauran pemasaran secara simultan berpengaruh positif
dan nyata terhadap keputusan pembelian tiket bus pada PT. Eka Sari Lorena Transport. 3)
Harga dan promosi berpengaruh positif dan nyata secara parsial terhadap keputusan
pembelian. Sedangkan produk, tempat, orang, proses, dan bukti fisik tidak berpengaruh
positif dan nyata secara parsial terhadap keputusan penumpang dalam membeli tiket bus pada
PT. Eka Sari Lorena Transport
Kata kunci : Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, Bukti Fisik, dan Keputusan
Pembelian