Abstract :
ABSTRAK
Anida Khuzaima Hakim. NIM H.1711113 Pengaruh Media Audiovisual
terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN 2 Babakan. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor. 2021.
Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan konsentrasi siswa,
terutama penggunaan media audiovisual karena memanfaatkan indera pendengaran
dan juga penglihatan. Berdasarkan fakta tersebut SDN 2 Babakan, Kecamatan
Parungkuda, Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat telah menggunakan media
ini dalam proses pembelajaran. Semenjak pembelajaran daring media audiovisual
digunakan sebagai media yang paling sering digunakan dalam pembelajaran. Oleh
karena itu penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh media
audiovisual terhadap hasil belajar, terutama pada mata pelajaran IPA. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 2 Babakan dengan sampel yaitu seluruh
siswa siswi kelas V yang berjumlah 50 siswa. Data yang dikumpulkan dalam
penelitian kali ini menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Instrumen yang
diberikan merupakan jenis angket tertutup dengan jumlah 18 soal dan membahas
media audiovisual. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas dengan hasil
reliabilitas sebesar 0,923 yang artinya memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi.
Dengan menggunakan metode penelitian korelasi kausal peneliti melakukan uji
prasyarat dengan hasil yang diperoleh yaitu sig. 0,2 > 0,05 dan sig. 0,693 > 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang digunakan berdistribusi normal dan
juga linear. Selanjutnya dilakukan uji signifikansi dan memperoleh hasil sig. 0,002
< 0,05 yang berarti hipotesis terbukti dengan ????0 ditolak dan ???????? diterima. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh media audiovisual terhadap
hasil belajar IPA kelas V, karena penggunaan media audiovisual membuat siswa
lebih cepat memahami materi pembelajaran terutama pada saat pembelajaran
daring.
Kata kunci: Media Audiovisual, IPA, Hasil Belajar