Abstract :
ABSTRAK
Nanda Aghnia Gani Savitri. NIM H.1710138 Hubungan Pendampingan Orang
Tua Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV SDN Cimanggah 1. Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Djuanda Bogor, 2021.
Pada saat pandemi ini, pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan sistem
pembelajaran daring (dalam jaringan) melalui pendampingan yang dilakukan orang
tua siswa. Ketika sedang belajar terkadang anak mengalami kesulitan sehingga
semangat belajarnya menurun, orang tua seharusnya berperan dalam menanamkan
disiplin belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
pendampingan orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas IV SDN
Cimanggah 1. Metode penlitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan
teknik korelasi. Jumlah responden yang dignakan untuk sampel yaitu 84 siswa
dengan teknik pengumpulan data angket pendampingan orang tua dan angket
kedisiplinan belajar. Hasil penelitian ini didapatkan nilai rhitung yaitu 0,526 dengan
dibandingkan pada rtabel didapat dari 84-2=0,2146 maka, rhitung > rtabel atau 0,526 >
0,2146, dimana hasil tersebut menunjuan terdapat hubungan yang positif antara
pendampingan orang tua dengan kedisiplinan belajar. Dengan besar hubungan R
square 0,276 atau jika dipresentasikan sama dengan 27,6% maka, hubungan yang
terjalin antara pendampingan orang tua dengan kedisiplinan belajar yaitu sebesar
27,6% dan sisanya 72,4% itu berhubungan dengan variabel lainnya. Dari hasil
penlitian ini terdapat hubungan yang positif antara pendampingan orang tua dengan
kedisiplinan belajar siswa kelas IV SDN Cimanggah 1.
Kata kunci : Pendampingan Orang Tua, Kedisiplinan Belajar, Siswa