Abstract :
Lulu Nabilah Hananisya. NIM : H.1710529. Pengaruh Model Blended Learning
Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 2 di SD Imam Nawawi School
Cibinong. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2021.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi pengaruh
penggunaan model blended learning terhadap hasil belajar bahas Arab siswa kelas
2 SD Imam Nawawi School Cibinong di masa pandemi ini. Metode dalam
penelitian ini yaitu menggunakan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara seputar kegiatan belajar mengajar
dengan guru bahasa Arab. Kegiatan belajar mengajar bahasa Arab menggunakan
model blended learning dengan aplikasi google meet dan pemberian soal posttest
yang di berikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol di kelas 2 SD Imam
Nawawi School Cibinong. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas
eksperimen memiliki rata-rata nilai sebesar 79,44 dan pada kelas kontrol memiliki
rata-rata nilai sebesar 63,61. Kemudian dilakukan perhitungan uji t (Independent
Sample t-test) yang memperlihatkan bahwa pada pembelajaran bahasa Arab
dengan menggunakan model blended learning berpengaruh terhadap hasil belajar
bahasa Arab siswa kelas 2 SD Imam Nawawi School Cibinong.
Kata kunci: Model blended learning , Hasil belajar bahasa Arab, Bahasa Arab