Abstract :
Nova Agnesha, Program Ilmu Komunikasi. FISIP Universitas Djuanda Bogor
2019. Hubungan Pola Komunikasi Orangtua Demokratis Dengan Pemanfaatan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Interaksi Di Yayasan Alang-alang
Ciawi Bogor. Pembimbing I : Ike Atikah Ratnamulyani, S.Sos., MM., M.Si.
Pembimbing II : Ali Alamsyah Kusumadinata, SP., M..
LKPD berbasis interaksi selalu dievaluasi secara berkala oleh Yayasan
Alang-alang dengan cara melihat lembar hasil pengerjaan LKPD oleh anak dan
lembar observasi orangtua yang dikumpulkan setiap 3 bulan sekali. Namun
sayangnya, berdasarkan hasil wawancara dengan pihak Yayasan Alang-alang,
masih ada orangtua yang tidak mengumpulkan LKPD berbasis interaksi secara
berkala sehingga pembimbing Yayasan Alang-alang tidak bisa menganalisa
bagaimana penerapan pola komunikasi demokratis orangtua dirumah dan
bagaimana pemanfaatan di LKPD berbasis interaksi oleh orangtua, serta
bagaimana hubungan keduanya untuk melihat perkembangan anak kedepannya.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi
orangtua demokratis, bagaimana pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis Interaksi dan bagaimana hubungan pola komunikasi orangtua
demokratis dengan Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis
Interaksi di Yayasan Alang-alang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitiatif. Hasil
penelitian menunjukan nilai signifikansi atau sig.(2-tailed) sebesar 0.006, karena
nilai sig. (2-tailed) 0.006 < lebih kecil dari 0.05 atau 0.01 maka artinya ada
hubungan signifikan antara pola komunikasi orangtua demokratis dengan
pemanfaatan LKPD berbasis interaksi di Yayasan Alang-alang.
Kata kunci : Pola Komunikasi, Orangtua Demokratis, Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)